Libur panjang Hari Raya Nyepi tahun 2024 menjadi momen yang penting bagi industri perhotelan dimana mencatatkan peningkatan yang signifikan dalam tingkat hunian kamar hotel di destinasi pariwisata khususnya Bali yang meningkat secara substansial selama periode Hari Raya Nyepi. Meskipun tradisi Nyepi mengharuskan masyarakat Bali untuk menjalani hari tanpa aktivitas di luar ruangan, permintaan untuk menginap di hotel meningkat, menciptakan peluang bagi industri perhotelan. Hal ini menunjukkan minat wisatawan baik domestik maupun mancanegara untuk merayakan momen sakral dan merasakan pengalaman menarik di Hari Raya Nyepi, dengan menikmati kenyamanan dan fasilitas yang ditawarkan oleh hotel.
Sebagai salah satu perusahaan terkemuka di industri perhotelan, PT Hotel Indonesia Group (HIG) sebagai anak perusahaan PT Hotel Indonesia Natour (HIN) mengalami peningkatan tingkat hunian kamar di hotel jaringan HIG selama periode Hari Raya Nyepi.
HIG mencatat terdapat pertumbuhan jumlah tingkat hunian pada Libur Hari Raya Nyepi Tahun 2024 sebesar 27% dibandingkan dengan Libur Hari Raya Nyepi Tahun 2023, khususnya region Bali. Hotel jaringan HIG region Bali menjadi leading untuk tingkat hunian dimana Bali menjadi destinasi wisata pilihan selama libur panjang hari raya Nyepi. Tingkat hunian tertinggi Hotel jaringan HIG region Bali yaitu Merusaka Nusa Dua sebesar 93%, selanjutnya yaitu Inna Sindhu Beach dengan tingkat hunian sebesar 88% dan Truntum Kuta sebesar 81%. Hotel milik PT Hotel Indonesia Properti (HIPRO) ini menunjukkan pertumbuhan tingkat hunian selama periode libur panjang Hari Raya Nyepi Tahun 2024.
Peningkatan tingkat hunian ini juga dirasakan oleh Hotel jaringan HIG di region lainnya, seperti Region Sumatera dimana tingkat hunian tertinggi yaitu Khas Parapat Hotel sebesar 93%. Hotel bintang 3 milik HIPRO yang terletak di Parapat dengan view langsung ke Danau Toba ini menjadi pilihan pengunjung menghabiskan libur panjang Hari Raya Nyepi Tahun 2024. Hotel HIG region Sumatera ini mengalami peningkatan tingkat hunian libur panjang Nyepi Tahun 2024 sebesar 40% dibandingkan libur Nyepi Tahun 2023.
"Pertumbuhan tingkat hunian pada libur panjang hari Raya Nyepi Tahun 2024 juga terjadi pada hotel jaringan HIG di region lainnya meliputi Region Jawa, region Nusa Tenggara dan region Kalimantan & Sulawesi. Libur panjang Hari Raya Nyepi ini, tentunya tidak hanya berdampak pada peningkatan trafik wisatawan ke Destinasi Bali, namun juga peningkatan kunjungan wisatawan ke berbagai destinasi wisata lainnya. Libur panjang ini menjadi momentum wisatawan untuk mengeksplore keindahan destinasi wisata Indonesia" ungkap Rizal Ruriko Kasim, Direktur Utama PT HIG
M. Ariadevi Hermaini, Direktur Operasi & Portofolio Bisnis PT Hotel Indonesia Natour menyampaikan "Hari Raya Nyepi sebagai momentum sakral yang diminati oleh wisatawan dari seluruh penjuru dunia untuk merasakan keindahan, kekhidmatan dan keheningan selama Hari Raya Nyepi di Bali. Hotel jaringan HIG menawarkan berbagai promo spesial bagi wisatawan yang ingin merayakan Nyepi dengan pengalaman yang berkesan. HIN melalui HIG akan terus meningkatkan kualitas pelayanan dengan mengangkat keramahtamahan dan keragaman budaya Indonesia."
Informasi lebih lanjut terkait hotel jaringan hig dapat mengakses website resmi hig.id.
Contact Person:
Adianta Apriadi
Plt VP Corporate Secretary
Media Contact:
Dyah Agustina
E : Dyahagustina@hin.id
P : 081280418718
Tentang HIN
PT Hotel Indonesia Natour "PT HIN" adalah anak usaha PT Aviasi Pariwisata Indonesia (Persero) yang merupakan salah satu pelopor industri jasa perhotelan bertaraf internasional di Indonesia. Dalam perkembangannya, PT HIN bertransformasi menjadi travel management dan hotel operator yang saat ini telah 36 property yang terdiri dari 34 hotel, 1 convention center dan 1 lembaga pendidikan, dan beberapa tahun kedepan pengelolaan hotel tersebut ditargetkan menjadi lebih dari 100 unit hotel milik BUMN. Selain hal tersebut, saat ini HIN juga dipercaya menjadi Badan usaha Pembangun dan Pengelola (BUPP) Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) bidang kesehatan di Sanur, Bali. Melalui berbagai lini bisnis tersebut, PT HIN berkomitmen kuat mewujudkan visi misi untuk senantiasa meningkatkan pariwisata Indonesia.