Relief Bersejarah Tetap Terjaga di Tengah Revitalisasi Grand Inna Bali Beach

Revitalisasi Grand Inna Bali Beach menjadi hotel bintang 5 di area KEK Sanur diharapkan dapat menjadi diversifikasi ekonomi bagi pariwisata Indonesia, khususnya Bali. Hotel ini berada didalam wilayah Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Kesehatan Sanur, yang ditetapkan melalui Peraturan Pemerintah Nomor 41 Tahun 2022 untuk menjadi KEK Kesehatan Pertama di Indonesia berstandar Internasional. Grand Inna Bali Beach berdiri sebagai saksi dan tonggak sejarah pariwisata Bali, di mana kebudayaan dan keramahtamahan masih senantiasa terjaga.

 

Hotel Grand Inna Bali Beach memiliki history kuat dan menjadi Hotel berbintang pertama di Indonesia dan tertinggi di Bali yang terletak dipinggir Pantai Sanur. Salah satu hal yang mencolok dari Hotel milik PT Hotel Indonesia Natour ini adalah peninggalan relief bersejarah yang berada di area lobby Hotel.

 

Relief tersebut merupakan salah satu karya monumental peninggalan pematung Bapak Edhi Sunarso yang merupakan salah satu pematung terbaik pada masa Bung Karno, yang telah menciptakan banyak karya salah satunya seperti Patung Selamat Datang di Bundaran Hotel Indonesia, Jakarta. Relief yang terdapat di Grand Inna Bali Beach ini memiliki tema “Bangsa Indonesia Bangkit”.

 

Pada relief tersebut, secara detail pemahat menggambarkan pariwisata yang berada di Bali yang memiliki makna tumbuhnya pariwisata Bali yang disambut sangat antusias dan memberikan sinar kehidupan baru dalam beragam aktivitas, kebudayaan, kehidupan masyarakat Bali. Unsur budaya Jawa Kuno juga terlihat jelas ditandai dengan padma (bunga teratai dalam bahasa Sansekerta) sebagai bagian elemen arsitektur, tata ruang kota interior, dan kria. Umumnya, padma diaplikasikan pada alas arca (padmasana), relief, dan ornamen dekorasi dinding candi di Jawa Tengah.

 

Relief tersebut juga menggambarkan Presiden pertama Republik Indonesia, Bung Karno ditengah rakyat dan sedang berdiri menggendong anak kecil yang menunjukan perkembangan dari pariwisata yang berpengaruh kepada kebudayaan, keindahan, kehidupan masyarakat di Bali dan membentuk suatu destinasi baru dalam pariwisata yang akan digemari oleh banyak pengunjung, baik dari domestik maupun mancanegara.

 

Di dalam pahatan atau relief tersebut, matahari ditafsirkan mengandung makna di masa depan tentang perkembangan pariwisata tersebut akan berdampak positif dan juga negatif yang akan sangat mempengaruhi kehidupan secara ekonomi atau terjadi suatu denyut kehidupan dalam masyarakat Bali. Relief tersebut juga menggambarkan pengembangan Grand Inna Bali Beach (GIBB) menjadi salah satu barometer pariwisata Bali.

 

Adianta Apriadi, Plt VP Corporate Secretary menyampaikan, "Kami berkomitmen untuk menjaga warisan budaya Bali dan mengusung kearifan lokal Bali dalam pengembangan KEK Sanur, salah satunya relief di Hotel. Relief ini menjadi saksi dan icon warisan yang memiliki nilai historical dan menceritakan perkembangan pariwisata Bali sejak Hotel ini dibangun."

 

"GIBB sebagai perwujudan modernisasi yang pada masanya adalah mercusuar kebangkitan pariwisata Bali. Kami optimis keunikan ini juga menjadi daya tarik dan memberikan experience unik bagi pengunjung yang datang ke Hotel baik domestik maupun internasional" Tambah Adianta.

 

Contact Person:

Adianta Apriadi

PLT VP Corporate Secretary

 

Media Contact:

Dyah Agustina

E : Dyahagustina@hin.id

P : 081280418718

 

Tentang HIN

PT Hotel Indonesia Natour "PT HIN" adalah anak usaha PT Aviasi Pariwisata Indonesia (Persero) yang merupakan salah satu pelopor industri jasa perhotelan bertaraf internasional di Indonesia. Dalam perkembangannya, PT HIN bertransformasi menjadi travel management dan hotel operator yang saat ini telah mengelola lebih dari 34 unit hotel berbintang di berbagai daerah, dan beberapa tahun kedepan pengelolaan hotel tersebut ditargetkan menjadi lebih dari 100 unit hotel milik BUMN. Selain hal tersebut, saat ini HIN juga dipercaya menjadi Badan usaha Pembangun dan Pengelola (BUPP) Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) bidang kesehatan di Sanur, Bali. Melalui berbagai lini bisnis tersebut, PT HIN berkomitmen kuat mewujudkan visi misi untuk senantiasa meningkatkan pariwisata Indonesia.

Hotel-hotel HIG Mencatat Pertumbuhan Tingkat Hunian Di Masa Libur Sekolah 2024 "Bringing Holiday Smiles to Everyone"
Kolaborasi InJourney Hospitality, Sarinah dan PT Angkasa Pura I Gelar InJourney Hospitality House (IHH) Labuan Bajo Tahun 2024 Batch I, Dukung Peningkatan SDM Pariwisata di Labuan Bajo